Rabu, 06 November 2013

KASUS ETIKA BISNIS YANG TIDAK BERETIKA

Contoh Kasus 1 :
Bakso merupakan salah satu makanan yang di sukai oleh hampir semua kalangan dan semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun tanpa kita sadari, ternyata ada suatu ancaman mengintai kesehatan tubuh kita, yaitu bakso  yang menggunakan Boraks! Ya, Boraks yang diindikasikan bisa mengawetkan tersebut ternyata ikut dicampurkan ke dalam makanan oleh tangan-tangan jail dan yang berniat curang guna memperoleh keuntungan dengan cara menambahkan boraks agar tetap awet hingga berminggu-minggu dan terasa lebih kenyal ketika di makan.
Melihat fenomena dan fakta tersebut, hendaknya kita bisa membedakan bakso yang mengandung boraks dan yang tidak menggunakan boraks. Memang tidak mudah untuk membedakannya, karena tampilan keduanya sama.
Untuk mengetahui dan membedakan mana bakso boraks dan yang bukan, kita dapat melihatnya dan menelitinya dari segi-segi berikut ini:

1. Warna
Bakso yang mengandung boraks warnanya agak terang dan agak menyerupai karet, agak kekuningan. Sedangkan yang tidak mengandung boraks warnanya cenderung gelap. Namun cara ini memerlukan kejelian dalam melihatnya.
2. Bau
Bau bakso yang tidak mengandung boraks tercium bau daging yang cukup kentara. Sedangkan bakso boraks kurang tercium aroma dagingnya, malah lebih tercium aroma bahan kimia.
3. Kekenyalan
Bakso boraks biasanya sangat kenyal seperti karet. Jika ditekan dengan karet sangat kenyal. Saat ditken dengan jari kuat-kuat sangat keras dan tidak mudah pecah. Sedangkan bakso yang tidak mengandung boraks empuk ditekan dan mudak retak dan terbelah jika ditekan kuat-kuat dengan dua jari.
4. Daya pantul
Bakso boraks menjadi seperti karet, sehingga bila kita jatuhkan akan memantul seperti bola karet. Bakso borak jika dijatuhkan akan memantul beberapa kali, sedangkan yang tidak ber boraks hanya memantul lalu menggelinding.
5. Rasa
Bakso borak rasanya mengandung rasa sedikit pahit.
6. Serat bakso
Saat kita coba tekan keras keras dengan dua jari sampai terbelah, bakso yang tidak ber boraks terlihat adanya serat-serat bakso. Bakso boraks cenderung sebaliknya.

Tanggapan :
Mereka yang melakukan hal seperti itu memang sudah tidak wajar ,boraks yang merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan ,namun oleh mereka orang-orang  yang tidak bertanggung jawab malah mencampurkan nya ke dalam makanan .Makanan yang sehari hari kita temui  malah terancam oleh  bahan kimia yang sangat berbahaya .Boraks merupakan bahan kimia yang di gunakan untuk pengawetan mayat malah di masukkan ke dalam makanan hanya untuk mengawetkan makanan tersebut agar tahan lebih lama .
Mungkin di negara kita ini sudah banyak pengangguran dan lebih banyak lagi orang-orang yang kurang berpendidikan ,jadi pengangguran  diimana mana dan seiring terjadi nya hal tersebut  maka orang-orang tersebut menghalalkan segala cara demi melanjutkan hidupnya .Salah satu nya dengan cara seperti itu ,agar kerugian lebih di perkecil kemungkinan nya ,bahkan bisa saja tidak rugi bagi si penjual .Namun hal tersebut sangat merugikan banyak orang lain  .
Maka dari itu ,orang-orang yang melakukan hal tersebut sebaiknya di berikan hukuman yang setimpal agar mereka benar-benar jera .Dan akan lebih baik lagi ,jika mereka di berikan pekerjaan yang layak ketika telah menjalani masa hukuman nya ,agar mereka tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari


 Contoh kasus 2 :
Dalam dunia bisnis kita menemukan banyak jenis-jenis usaha yang menyangkut produk, salah satunya alat komunikasi yaitu Handphone, Handphone pun memiliki banyak macam jenis nya salah satunya Handphone layar sentuh, flip dll. Jaman modern saat ini bisnis Handphone pun menjamur dimana-mana karena Handphone untuk sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan yang wajib di miliki oleh orang kebanyakan untuk berkomunikasi. Penulis mengambil contoh kasus dalam bisnis yang kurang beretika terjadi pada bisnis Handphone yang replica atau tiruan. Ada saja pebisnis yang memberikan produk-produk Handphone yang sudah rusak lalu di daur ulang menjadi seperti baru lagi. Hal ini dirasa sangat kurang beretika karena merugikan konsumen.
Tanggapan :
Mungkin sudah banyak sekali handphone-handphone yang telah beredar di masyarakat .Salah satu nya handphone merk china atau replica yang banyak di temui di counter-counter handphone pada umumnya .Namun setau saya merk china mungkin sudah bawaan nya china dan bila di bandingkan dengan blackberry ,iphone ,Samsung ,nokia  ,sudah pasti handphone china belum termasuk dalam merk-merk yang banyak menjadi incaran pelanggan .Namun handphone china  punya keunggulan tersendiri yang dimana bisa menggaet para pelanggan untuk kelas menengah ke bawah.
Handphone  china mempunyai fitur menarik yang tidak kalah dengan handphone-handphone yang saya sebutkan di atas dan memiliki harga yang cukup terjangkau untuk pelanggan  menengah ke bawah yang ingin memiliki handphone canggih tapi dengan harga murah .Disinilah letak merosotnya atau meunurun nya penjualan handphone-handphone yang bukan china
Dan satu lagi handphone replica yang sudah banyak beredar di masyarakat pada umumnya .Handphne yang tergolong murah dan sangat mirip aslinya ini  punya banyak kelebihan dari handphone china .Tapi memang orang-orang jaman sekarang yang sangat pintar memutar otak sampai handphone rusak pun dibenerin lagi hingga bisa beroperasi kembali sebagai mana mestinya .Alhasil anak-anak sekolah yang belum waktunya memakai handphone ,malah sudah punya bahkan lebih canggih dari orang-orang dewasa.
Jadi orang-orang yang melakukan hal tersebut sebaiknya di tindak lanjutin dengan benar dan agar semakin sedikit handphone-handphone china dan replica yang ada di pasaran ,sehingga tidak mengganggu pasaran harga handphone yang sebenarnya dan anak-anak yang memang belum saatnya memakai tidak  dapat membeli nya karena harga yang terjangkau .

Terima Kasih …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar